- Get link
- X
- Other Apps
- Get link
- X
- Other Apps
Sekilas Teori
Bahasa pemrograman atau bahasa komputer, adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Sehingga bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah/algoritma apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
Fungsi bahasa pemrograman yaitu memerintah komputer untuk mengolah data sesuai dengan alur berpikir yang kita inginkan. Keluaran program yang kita buat tersebut berupa program/aplikasi yang bisa dieksekusi. Contohnya adalah program yang digunakan oleh kasir di mal atau swalayan, penggunaan lampu lalu lintas di jalan raya, dll.
Delphi merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi
yang mendukung perancangan terstruktur dan berorientasi object. Bahasa
pemrograman ini berdasarkan Object Pascal yang keuntungannya antara lain
kodenya mudah dibacam cepat dikompilasi dan menggunakan file unit yang banyak
untuk pemrograman modular. Penulisannya tidak case sensitive.
Struktur Pemrograman Delphi
Program penyusunan suatu projek Delphi
biasanya dibagi dalam modul source - source yang disebut unit. Khusus untuk
unita yang berisi program utama disebut dengan nama project. Pada suatu projek
yang akan dibangun, terdapat sebuah file program utama yang berisi kode program
untuk pengelolaan unit-unit. Kode program utama ini biasanya juga disebut kode
projek dan disimpan dalam file berekstensi (.DPR). Sebuah unit berisi tipe -
tipe, konstanta - konstanta, variable dan rutin )fungsi dan prosedur). Setiap
unit didefinisikan dalam file (.Pas). Sebuah unit dimulai dengan unit heading,
yang diikuti bagian interface, implementation, initialization, dan fnalization.
Bagian initialization dan finalization bersifat opsional, boleh memiliki
deklarasi atau tidak menyertakan, tergantung kebutuhan.
Dalam suatu kode program unit atau projek,
elemen sintaksis dasar (token) bergabung membentuk ekspresi, deklarasi, statemen.
Statemen adalah aksi algoritma yang dieksekusi di dalam program. EKspresi adalh
satuan sintaksis yang ada didalam statemen dan menunjukkan sebuah nilai.
Deklarasi adalah sebuah pengenal/identifier (Contoh nama fungsi, variabel) yang
digunakan dalam ekspresi dan statemen.
Tipe data adalah suatu jenis data, ketika
men-deklarasikan sebuah variabel. Variabel adalah identifier yang nilainya
dapat diubah pada saat aplikasi dijalankan. Konstanta adalah identifier yang
nilainya telah ditentukan.
Membuat Program Perhitungan Luas Segitiga dengan Delphi 7
Pada kali ini kita akan mencoba membuat program perhitungan luas segitiga dengan menggunakan object oriented yaitu berupa kolom pengisian dan tombol proses.
Hal pertama yang harus disiapkan adalah aplikasi pemrograman yang bernama :
Borland Delphi 7
Berikut langkah - langkahnya :
1) Buka aplikasi Borland Delphi 7. Berikut
interface dari aplikasi Delphi 7
2) Kemudian buat sebuah form dengan menggunakan
fungsi Label pada menu standard (gambar a), dan klik pada daerah form yang
ingin ditaruh label (gambar b)
(a) (b)
3) Kemudian edit tulisan label menjadi
"Perhitungan Luas Segitiga" dengan menulisnya pada kolom caption pada Object Inspector
4) Sekarang kita akan membuat kolom
untuk mengisikan angka - angka untuk mencari luas segitiga. Pertama - tama
buatlah label dengan tulisan Alas Segitiga, dan Tinggi Segitiga sehingga
menjadi seperti pada gambar dibawah ini.
5) Kemudian buatlah kolom untuk
mengisikan Alas Segitiga dan Tinggi Segitiga tadi dengan menggunakan fungsi
edit pada menu standard (a), lalu letakkan masing - masing disamping Alas dan
Tinggi segitiga (b)
(a) (b)
6) Kemudian tambahkan label
bertuliskan " Hasil Perhitungan " dan kolom edit disampingnya seperti
pada gambar dibawah. Ini akan menjadi tempat munculnya hasil perhitungan luas
segitiga tadi.
7) Hapus tulisan edit1, edit2, dan
edit3 diatas dari kolom dengan menghapus isi kolom caption pada Object Inspector
masing - masing kolom sehingga menjadi seperti gambar disamping ini
8) Sekarang kita akan membuat tombol proses
yang nantinya berfungsi untuk memproses perhitungan tadi setelah tombol proses
tadi diklik. Pertama - tama klik fungsi "Button" dalam menu standard (a), lalu letakkan dibawah kolom
tinggi segitiga (b)
9) Lalu edit kembali
tulisan pada tombol tadi menjadi " Proses " dengan mengedit kolom caption pada Object Inspector.
10) Sekarang kita akan memasukkan coding ke dalam
tombol proses agar ketika tombol di klik maka akan memproses perhitungan rumus
luas segitiga yaitu 1/2 x A x T, dengan A = Alas Segitiga, T = Tinggi Segitiga,
dan L = Luas. Proses tersebut akan berjalan dengan mengklik dua kali tombol
Proses, maka muncul jendela unit ber ekstensi (.Pas) lalu masukkan script berikut
kedalam unit tadi :
procedure TForm1.Button1Click(Sender:
TObject);
var A,T,L:real;
begin
A:=STRTOFLOAT(EDIT1.TEXT);
T:=STRTOFLOAT(EDIT2.TEXT);
L:=0.5*A*T;
EDIT3.Text:=FLOATTOSTR(L);
end;
end.
var A,T,L:real;
begin
A:=STRTOFLOAT(EDIT1.TEXT);
T:=STRTOFLOAT(EDIT2.TEXT);
L:=0.5*A*T;
EDIT3.Text:=FLOATTOSTR(L);
end;
end.
Berikut tampilan jendela unit dari
tombol proses yang sudah diisi deklarasi rumus luas segitiga diatas
L:=0.5*A*T; merupakan rumus luas segitiga dalam
program ini
11) Setelah itu sebelum program di
eksekusi, save dulu projek tadi dengan mengklik menu file, lalu pilih save all.
Atau tekan tombol shift + ctrl + s pada keyboard. Simpan projek kedalam satu
folder agar tidak terpisah
12) Setelah project di save, kita akan
mensimulasikan eksekusi program yang sudah kita buat. Klik menu run, lalu pilih
run atau tekan tombol F9 pada keyboard, maka jika projek berhasil dijalankan
akan tampil jendela aplikasi seperti dibawah ini
13) Jika program tidak bisa berjalan,
berarti ada kesalahan penulisan script di dalam unit, dan akan muncul gambar
dibawah ini
Hal ini karena ada kesalahan penulisan script
pada baris (line) yang berwarna
merah. Tinggal benarkan kesalahan, lalu coba run kembali
13) Setelah program berhasil
dijalankan, sekarang coba masukkan angka kedalam kolom Alas Segitiga dan Tinggi
Segitiga. Kali ini kita akan memasukkan 10 untuk Alas, dan 20 untuk Tinggi.
Lalu klik proses maka hasil perhitungan Luas Segitiga akam muncul pada kolom
Hasil Perhitungan
14) Tadi kita sudah mencoba
mensimulasikan eksekusi program dari dalam aplikasi delphi. Kali ini kita akan
menjalankan program dari luar delphi dengan membuka ekstensi program yang tadi
sudah disimpan. Pertama - tama exit dulu aplikasi Delphi 7 nya. Lalu cari program
yang sudah disimpan tadi. Nama file defaultnya adalah Project1.exe. Kemudian
jalankan programnya dengan mengklik dua kali file aplikasi bernama "Project1"
Program Perhitungan Luas Segitiga berhasi di eksekusi dengan baik
Comments
Post a Comment